Case study saya adalah tentang bagaimana saya menyelesaikan proyek dari client saya yaitu aplikasi pengiriman makanan. Pada artikel ini, saya menulis studi kasus mendalam tentang aplikasi dengan berbagai metode yang diperlukan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.
Introduction
Case study saya adalah tentang bagaimana saya menyelesaikan proyek dari client saya yaitu aplikasi pengiriman makanan. Pada artikel ini, saya menulis studi kasus mendalam tentang aplikasi dengan berbagai metode yang diperlukan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.
Research Findings
Riset (pengalaman pengguna) adalah penyelidikan sistematis terhadap pengguna dan persyaratannya, untuk menambahkan konteks dan wawasan ke dalam proses merancang aplikasi sesuai kenyamanan saat digunakan pengguna. Saya memulai dengan melihat beberapa pesaing atau platform serupa, menganalisis UI, UX, alur Pengguna, dan fitur utama.
Berdasarkan wawancara mendalam dan tanggapan client saya, inilah beberapa temuan utama saya :
Research Findings
HOME SCREEN
Pengguna menghabiskan kurang dari 30 detik di layar beranda setelah login awal mereka. Desain ‘tata letak layar beranda yang menarik.
ORDER HISTORY
Pelanggan mengalami kesulitan dalam menemukan riwayat pesanan mereka. Bisakah Anda memikirkan cara untuk memunculkan pesanan sebelumnya secara efisien dan cepat?
SEARCH & FILTER
Rancang pengalaman pencarian yang memungkinkan pengguna dengan cepat dan menemukan pilihan makanan yang relevan.
MARKETING PRIORITIES
Marketing memiliki kampanye yang di jadwalkan konsep marketing 7P yaitu dengan tambahan People, Process, Physical Evidence, Product, Price, Place, dan Promotion. Rancang sebuah pengalaman untuk mengutamakan promosi.
PLACE ORDER
Penelitian menunjukkan bahwa pengguna menambahkan item ke keranjang mereka tetapi tidak menyelesaikan proses pembelian karena terlalu banyak langkah dan keranjang sulit untuk diedit. Sederhanakan prosesnya.
ADDRESS ALERT
Ketika pelanggan memesan makanan kesalahan lokasi yang harus mereka hubungi layanan pelanggan, menyebabkan keterlambatan & ketidakpuasan. Apa yang bisa kita tambahkan pengalaman untuk mencegah hal ini?
System Development
Pada perancangan sistem, saya mememakai metode Extreme Programming (XP) yaitu merupakan pengembangan rekayasa perangkat lunak yang sasaran tahapan pengembangan sistem yang lebih efisien, adaptif dan fleksibel.
Task Flow
Berikut adalah keseluruhan alur pengguna yang menunjukkan keputusan saat menggunakan aplikasi yang dapat dibuat oleh pengguna dan sistem dalam proses menjelajahi hidangan.
Sketching for visual design
Membuat sketsa membawa pikiran imajinatif saya ke layar antarmuka pengguna dapat mulai memikirkan pengalaman terbaik saat menggunakan aplikasi dan dapat mengetahui bagaimana aplikasi akan bekerja untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Membuat sketsa memungkinkan saya memvisualisasikan interaksi layar ke layar sehingga ide saya adalah sesuatu yang terlihat dan jelas dalam bentuk antarmuka pengguna.
Wireframes and initial insights
Setelah saya membuat beberapa sketsa, saya memulai desain low-fidelity (wireframes) karena wireframes dianggap sebagai tampilan kerangka suatu produk. Untuk proyek ini gambar rangka membantu saya untuk fokus pada fungsi utama, elemen, dan tindakan sebelum melanjutkan ke desain dengan ketelitian tinggi.
High Fidelity Screen
Setelah wire-frame selesai, saya mulai membuat aset seperti ikon, gambar, warna, font dan membuat identitas mereknya yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, fitur, konten, dan fungsi perangkat.
Conclusion
Ini adalah proyek pertama saya yang menyenangkan dan mendapat kesempatan untuk meneliti, mempelajari hal-hal baru terkait antarmuka pengguna dan industri makanan, dll. Selain itu, saya mencoba membuat aplikasi sederhana, fungsional, dan minimalis untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat itu dalam menempatkan pesanan makanan.
So for now! Jika Anda senang membaca, tepuk tangan akan dihargai👏